17 Agustus 1945 - 2009

10:31 PM

16 Agustus , tanpa hari ini ga akan ada 17 Agustus.
ga akan ada pembacaan teks proklamasi.
naskah proklamasi ditulis hari ini, 64 tahun yang lalu.
kemerdekaan iniadalah perjuangan. perjuangan mereka yang rela mati demi Republik. demi Indonesia merdeka.
biar aja orang bilang kita merdeka karena Jepang nyerah. tetep aja sebelumnya kita mati-matian ngelawan mereka. 3 1/2 abad kita dijajah Belanda. 350 Tahun tanpa kebebasan di negeri sendiri.
3 tahun kita dijajah Jepang. jadi babu di negara sendiri. kita pantas merdeka. kita punya hak buat merdeka. dan itulah yang dilakukan Pahlawan2 kita di masa lalu.

17 Agustus 1945. Proklamasi dibacakan. Kata MERDEKA dikumandangkan.
tapi kita masih belum bebas di negara sendiri.

Kemarin gw nonton Merah Putih. walaupun itu bukan kisah nyata, tapi gw jadi tau gimana rasanya berada pada jaman perang. film itu setting nya taun 1947, dimana masih ada Belanda walaupun kata MERDEKA sudah dikumandangkan. miris banget gw nontonnya. gw ngebayangin apa jadinya kita kalo ga ada pahlawan yang berjuang ngebela negara ini?
masih bisakah gw tidur tenang? jalan-jalan semau mau nya? kuliah? ngerasain kebebasan seperti apa yang gw rasain sekarang? mungkin nggak.
jadi mungkin ini saatnya kita buat merenung sejenak. mengenang kembali jasa pahlawan yang tanpa pamrih ngebela hak negara ini buat merdeka. buat ngerasain kebebasan di negara kita sendiri. Terima Kasih Pahlawan ku.

DIRGAHAYU INDONESIAKU! :)




P.S. : Merah Putih is GREAT! ini yang ngebuat gw pengen nge post tentang kemerdekaan. beberapa line favorit gw di film Merah Putih.

"Jawa lawan Sulawesi. orang kota lawan petani. siapa yang menang? Belanda!" -Surono

Dayan (Hindu) : "Terima Kasih makanannya."
Amir (Muslim) : "sama-sama. asal kamu janji setiap sebelum perang kamu berdoa minta bantuan pada dewa-dewa mu."
Dayan : "saya kira kamu hanya percaya satu Tuhan?"
Amir : " saya percaya, setiap orang punya jalan nya masing masing dalam menemukan Tuhan mereka."



You Might Also Like

2 responses

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images